Pengertian Digital Marketing, Jenis, dan Manfaatnya bagi Bisnis

 

Pengertian Digital Marketing, Jenis, dan Manfaatnya bagi Bisnis

Pengertian Digital Marketing

Pengertian digital marketing adalah upaya pemasaran produk dan jasa/ layanan melalui media online atau Internet. Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional atau konvensional, metode digital ini lebih diminati karena return of investment (ROI) yang cukup tinggi. Dengan biaya murah, marketing jenis ini memberikan hasil memuaskan.

Serupa dengan metode pemasaran tradisional—seperti melalui TV, radio, papan reklame, telepon, iklan di majalah atau koran, dan materi cetak seperti poster dan brosur—digital marketing juga bertujuan meningkatkan visibilitas, tingkat paparan, dan kemudahan akses pelanggan dan prospek pelanggan ke bisnis.

Namun demikian, berbeda dengan pendahulunya tersebut, digital marketing menawarkan kemudahan dan fleksibilitas interaksi antara pelanggan atau calon pelanggan dan usaha.

Jenis Digital Marketing

Situs Online

Keberadaan situs online dapat membuktikan eksistensi bisnis. Bukan hanya itu, calon pelanggan cenderung menilai keabsahan dan kelayakan suatu bisnis dari kualitas situs yang dimiliki. Kesan pertama pelanggan diperoleh dari penjelajahan situs.

Selain itu, situs online juga dapat digunakan sebagai alat bantu tim sales untuk meyakinkan calon pelanggan terkait produk dan layanan yang disediakan oleh bisnis.

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan upaya meningkatkan kemungkinan agar tautan ke situs bisnis muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google, misalnya. Bukan hanya di halaman pertama, spesialis SEO bahkan menargetkan agar situsnya menjadi urutan pertama atau teratas. Dengan itu, kemungkinan situs tersebut dibuka dan dibaca oleh calon pelanggan menjadi lebih tinggi.

Pay-per-Click (PPC)

Metode Pay-per-Click (PPC), atau bayar per klik, memastikan situs unggul di antara situs-situs lain dengan kata kunci pencarian yang sama. Google Ads merupakan salah satu contoh penyedia layanan ini.

Namun demikian, media sosial seperti FacebookTwitter, dan LinkedIn pun saat ini sudah menyediakan PPC sebagai sarana pemasaran bisnis yang dapat dipertimbangkan.

Media Sosial

Gratisnya pembuatan akun menyebabkan media sosial seperti Facebook dan Instagram menjadi media yang paling populer. Kemudahan pembuatan dan publikasi materi, didukung dengan basis pengikut dalam jumlah besar, mendongkrak efektivitas pemasaran melalui media tersebut.

Yang harus secara berkala dipersiapkan adalah materi menarik untuk meningkatkan interaksi pengikut terhadap bisnis, produk, maupun layanan yang tawarkan.

Video Online

Video yang informatif, menarik, dan berkualitas dapat menjadi media yang efektif untuk menyampaikan atau meyakinkan calon pelanggan terhadap kualitas bisnis, produk, dan layanan. Video dapat ditayangkan melalui situs, media sosial, maupun platform video online seperti YouTube.

Manfaat Digital Marketing

Apa pun opsi digital marketing yang diterapkan, pebisnis perlu mempertimbangkan berbagai aspek seperti tenaga pemasaran yang dibutuhkan, kualitas isi materi, serta potensi ROI yang akan diperoleh berdasarkan anggaran yang tersedia.

Jangkauan global – situs web memungkinkan menemukan pasar baru dan berdagang secara global hanya dengan investasi kecil.

Biaya lebih rendah – kampanye digital maketing yang terencana dengan baik dan terarah dengan baik dapat menjangkau pelanggan yang tepat dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada metode pemasaran tradisional.

Hasil yang dapat dilacak dan diukur – mengukur digital marketing dengan analisis web dan alat metrik online lainnya memudahkan untuk menentukan seberapa efektif kampanye. Dapat memperoleh informasi terperinci tentang bagaimana pelanggan menggunakan situs web atau merespons iklan.

Keterbukaan – dengan terlibat dengan media sosial dan mengelolanya dengan cermat, dapat membangun loyalitas pelanggan dan menciptakan reputasi agar mudah terlibat.

Bisnis Anda terkenal – digital marketing memungkinkan membuat kampanye yang menarik menggunakan taktik pemasaran konten. Konten ini (gambar, video, artikel) dapat memperoleh mata uang sosial – diteruskan dari pengguna ke pengguna dan menjadi viral.

Tingkat konversi yang ditingkatkan – jika memiliki situs web, maka pelanggan hanya berjarak beberapa klik saja dari pembelian. Tidak seperti media lain yang mengharuskan orang untuk bangun dan melakukan panggilan telepon, atau pergi ke toko, pemasaran digital bisa mulus dan langsung.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SINOPSIS DAN PESAN MORAL NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN

Segmentasi Global, menentukan Target, dan menentukan Posisi

Tahap-Tahap Pengembangan Korporasi Transnational