Pengertian Digital Marketing, Jenis, dan Manfaatnya bagi Bisnis
Pengertian Digital
Marketing, Jenis, dan Manfaatnya bagi Bisnis
Pengertian Digital Marketing
Pengertian digital marketing adalah
upaya pemasaran produk dan jasa/ layanan melalui media online atau Internet.
Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional atau konvensional, metode
digital ini lebih diminati karena return
of investment (ROI) yang cukup tinggi. Dengan biaya murah,
marketing jenis ini memberikan hasil memuaskan.
Serupa dengan metode pemasaran tradisional—seperti melalui TV,
radio, papan reklame, telepon, iklan di majalah atau koran, dan materi cetak
seperti poster dan brosur—digital marketing juga
bertujuan meningkatkan visibilitas, tingkat paparan, dan kemudahan akses
pelanggan dan prospek pelanggan ke bisnis.
Namun demikian, berbeda dengan pendahulunya tersebut, digital marketing menawarkan
kemudahan dan fleksibilitas interaksi antara pelanggan atau calon pelanggan dan
usaha.
Jenis Digital Marketing
Situs Online
Keberadaan situs online dapat
membuktikan eksistensi bisnis. Bukan hanya itu, calon pelanggan cenderung
menilai keabsahan dan kelayakan suatu bisnis dari kualitas situs yang dimiliki.
Kesan pertama pelanggan diperoleh dari penjelajahan situs.
Selain itu, situs online juga
dapat digunakan sebagai alat bantu tim sales untuk
meyakinkan calon pelanggan terkait produk dan layanan yang disediakan oleh
bisnis.
Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization (SEO) merupakan upaya
meningkatkan kemungkinan agar tautan ke situs bisnis muncul pada halaman
pertama hasil pencarian Google, misalnya. Bukan hanya di halaman pertama,
spesialis SEO bahkan menargetkan agar situsnya menjadi urutan pertama atau
teratas. Dengan itu, kemungkinan situs tersebut dibuka dan dibaca oleh calon
pelanggan menjadi lebih tinggi.
Pay-per-Click (PPC)
Metode Pay-per-Click (PPC),
atau bayar per klik, memastikan situs unggul di antara situs-situs lain dengan
kata kunci pencarian yang sama. Google Ads merupakan salah satu contoh penyedia
layanan ini.
Namun demikian, media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn pun saat ini sudah menyediakan PPC
sebagai sarana pemasaran bisnis yang dapat dipertimbangkan.
Media Sosial
Gratisnya pembuatan akun menyebabkan media sosial seperti
Facebook dan Instagram menjadi
media yang paling populer. Kemudahan pembuatan dan publikasi materi, didukung
dengan basis pengikut dalam jumlah besar, mendongkrak efektivitas pemasaran
melalui media tersebut.
Yang harus secara berkala dipersiapkan adalah materi menarik
untuk meningkatkan interaksi pengikut terhadap bisnis, produk, maupun layanan yang
tawarkan.
Video Online
Video yang informatif, menarik, dan berkualitas dapat menjadi
media yang efektif untuk menyampaikan atau meyakinkan calon pelanggan terhadap
kualitas bisnis, produk, dan layanan. Video dapat ditayangkan melalui situs,
media sosial, maupun platform video online seperti
YouTube.
Manfaat Digital Marketing
Apa pun opsi digital
marketing yang diterapkan, pebisnis perlu mempertimbangkan
berbagai aspek seperti tenaga pemasaran yang dibutuhkan, kualitas isi materi,
serta potensi ROI yang akan diperoleh berdasarkan anggaran yang tersedia.
Jangkauan global – situs
web memungkinkan menemukan pasar baru dan berdagang secara global hanya dengan
investasi kecil.
Biaya lebih rendah – kampanye digital maketing
yang terencana dengan baik dan terarah dengan baik dapat menjangkau pelanggan
yang tepat dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada metode pemasaran
tradisional.
Hasil yang dapat dilacak dan diukur – mengukur
digital marketing dengan analisis web dan alat metrik online lainnya memudahkan
untuk menentukan seberapa efektif kampanye. Dapat memperoleh informasi
terperinci tentang bagaimana pelanggan menggunakan situs web atau merespons
iklan.
Keterbukaan – dengan terlibat dengan
media sosial dan mengelolanya dengan cermat, dapat membangun loyalitas
pelanggan dan menciptakan reputasi agar mudah terlibat.
Bisnis Anda terkenal – digital marketing
memungkinkan membuat kampanye yang menarik menggunakan taktik pemasaran konten.
Konten ini (gambar, video, artikel) dapat memperoleh mata uang sosial –
diteruskan dari pengguna ke pengguna dan menjadi viral.
Tingkat konversi yang ditingkatkan – jika
memiliki situs web, maka pelanggan hanya berjarak beberapa klik saja dari
pembelian. Tidak seperti media lain yang mengharuskan orang untuk bangun dan
melakukan panggilan telepon, atau pergi ke toko, pemasaran digital bisa mulus
dan langsung.
Komentar
Posting Komentar