SISTEM INFORMASI DAN RISET PEMASARAN GLOBAL
SISTEM INFORMASI DAN RISET
PEMASARAN GLOBAL
PENGERTIAN
SISTEM INFORMASI
Sistem
Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang
yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam
arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk
kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam
pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan
organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di
mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.
TUJUAN DARI SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN
Adalah untuk mempermudah para manajer sebuah
perusahaan untuk mengambil keputusan seperti arus informasi berkelanjutan
mengenai pasar, pelanggan, pesaing dan operasi perusahaan.
SIM berarti pengumpulan, analisis, klasifikasi,
menyimpan (storing), mendapatkan kembali (retrieving) dan melaporkan data-data
yang relevan menggenai pelanggan, pasar, saluran (chanel), penjual dan pesaing.
Dalam suatu perusahaan seharusnya juga mencakup aspek-aspek penting lingkungan
eksternal perusahaan, misalnya seperti regulasi pemerintah, merger, akuisisi
dan aliansi.
Fungsi SIM dari riset harus menyediakan
informasi yang relevan dalam hal waktu, efisiensi biaya dan cara bertindak.
Elemen dasar dari Sistem Informasi Perusahaan
Global adalah agenda atau daftar subyek yang informasinya diperlukan. Subyek
ini misalnya : pasar, persaingan, mata uang, sumber daya, lingkungan sosial budaya
dan lingkungan hukum politik. Setelah agenda subyek ditetapkan, langkah
berikutnya adalah pengumpulan informasi yang aktual dengan menggunakan
pengamatan (surveillance) dan pncarian (search).
Pemasaran global secara konstan mencari dan
mengumpulkan informasi tentang peluang dan ancaman potensial dengan menajamkan
fungsi telinga dan mata terhadap petunjuk desas-desus kumpulan informasi dan
wawasan berdasarkan pengalaman orang lain.
Mendapatkan informasi secara umum dengan baca
Koran, majalah, program-program berita via internet dll adalah jenis pengamatan
sekedar melihat atau dapat di sebut dengan Viewing. Sedangkan jika suatu berita
relevan atau terkait kasus mengamati berita masuknya pemain baru dalam industri
mobil, kemudian mengikuti berita perkembangannya, ini disebut juga dengan
pemantauan (monitoring). Monitoring dapat menghasilkan lebih banyak informasi
eksternal jika dibandingkan dengan viewing.
Pada modus pencarian (search), karakteristiknya
adalah mencari informasi yang spesifik secara sengaja (lebih banyak aktivitas
formalnya) pencarian meliputi investigasi dan riset. Investigasi adalah jenis
pencarian yang relative terbatas dan informal, misalnya dengan mencari dibuku,
artikel, internet tentang topic atau isu khusus. Sedangkan riset adalah seperti
yang di jelaskan di bawah ini !
PENGERTIAN RISET, RISET PEMASARAN, RISET
PEMASARAN INTERNASIONAL
Riset
adalah upaya mengorganisasikan secara formal guna memperoleh informasi tertentu
dan untuk tujuan tertentu pula.
Istilah riset pemasaran (marketing
research) mengacu pada pengumpulan analisis, dan penyajian informasi yang
berkaitan dengan masalah yang dirumuskan dengan baik. Focus dari riset
pemasaran adalah masalah atau proyek khusus dengan suatu awal dan akhir. Dalam
praktik ,istilah riset pasar (market research)seringkali digunakan secara
bertukaran. Riset pemasaran secara konseptual berbeda dengan riset pasar. Riset
pasar ruang lingkupnya lebih sempit,karena riset ini menekankan pada informasi
konsumen yang ada sekarang dan yang potensial – siapa mereka, mengapa mereka
membeli suatu produk atau jasa dan dimana mereka membelinya.
Riset
pemasaran internasional
Pemasaran dalam bisnis internasional sagat
kompleks daripada pemasaran domestic. Perbedaan sosial, bahasa, politik,
peraturan, dll perlu dipelajari dengan seksama kemudian dijadikan sebagai
landasan kebijakan strategi pemasaran. Pemahaman tentang lingkungan
bisnis internasional seharusnya didasarkan pada penilitian yang dilakukan yang
menyangkut produk, rencana pemasaran dan strategi pemasaran.
Penelitian tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi problem pemasaran.
Macam data yang diperlukan dalam penelitian
pemasaran :
1. Data sekunder
Data yang dikumpulkan pleh pihak lain(BPS, Dep
perindustrian, IMF) data ini teralive lebih murah dan mudah untuk
mendapatkannya.
2. Data primerData yang
dikumpulkan sendiri oleh peneliti, karenanya cara mendapatkannya data tersebut
membutuhkan biaya yang mahal, mamakai waktu lama, kadang hasilnya sulit
dikomparasi. Data ini biasanya digunakan sebagai dasar pembuatan
keputusan yang bersifat taktis dan spesifik.
Ada bermacam macam informasi
yang dibutuhkan dalam pemasaran internasional yaitu:
1. Macro live information (
lingkungan fisik, lingkungan politik, lingkungan ekonomi)
2. Market information (
kemungkinan masuk, karakteristik pasar)
3. Micro level information (
sales forcasting, informasi biaya, informasi manajeman)
Manfaat sistem informasi :
1. Manajeman dapat memonitor
perubahan yang terjadi pada pasar pasar yang bebeda.
2. Manajeman dapat memonitor
perusahaan itu sendiri dalam pasar internasional.
Analisis kekuatan
kompetitif:
1. Dari dalam perusahaan
2. Bahan bahan publikasi
3. Para pemasok / pelanggan
4. Karyawan para pesaing
5. Observasi langsung
Pemasaran internasional
Fungsi manajeman yang dianggap tulang punggung
perusahaan adalah pemasaran. Tidak akan ada artinya Sebaik apapun produk yang
dihasilkan perusahaan tetapi jika diimbangi oleh kemampuan perusahaan tersebut
didalam memasarkan produknya. Untuk mamasuki pasar internasional sebuah
produk dapat diperlukan dengan dilakukan modifikasi yang tergantung pada
beberapa faktor yaitu Jenis produk itu sendiri, biaya, dan peraturan dari
negara yang dituju.
Standarisasi produk
Yaitu produk dengan sangat sedikit atau tanpa
modifikasi sama sekali, biasanya untuk barang-barang yang memang perlu
distandarisasi seperti alat-alat kesahatan atau alat alat labotaorium dll.
Diferensiasi produk
Beberapa jenis barang perlu dilakukan
diferensiasi pasar agar perusahaan dapat menigkatkan keuntungan. Modifikasi
produk adalah salah satun bentuk diferensiasi, dan deferensiasi merupakan
salah satu segmentasi pasar. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk
melakukan diferensiasi produk yaitu jenis produk, kondidi dan kompetensi yang
ada dipasar, kebutuhan fisik, infrastruktur, product life style, legal
requirement, cost benafit analysis.
Segemantasi pasar
Beberapa negara dapat dibagai dalam beberapa
segmen denagn dasar tertentu seperti factor demografi, tingkat pendapatan, agama,
kebiasaan konsumsi, dll.
Merek dan kemasan
Merek dapat distandarisaitetapi dapat juga
disesuaikan dngan kondisi negara tertentu sehingga untuk produk yang sama
mereknya akan berbeda di negara lain.
Strategi produk
Produk adalah fokus sentar bauran pemasaran.
Jika sebuah produk tidak berhasil memuaskan konsumen, apaun upaya memasarkan
yang dilakukan oleh produsen tidak akan berhasil. Dalam merumuskan
strategi produk para manajer pemasaran internasional harus ingat bahwa produk
adalah lebih dari sekedar obyek fisik, tetapi mencangkup juga merek, aksesoris,
layanan purna jual, jaminan, pentujuk pmakaian, cita perusahaan dan kemasan.
Jenis produk
Klasifikasi produk adalah jenis produk
industrial atau produk konsumen, ang memenuhi kebutuhan pasar dunia pada
umuamnya produk industrial tidak terlalu mermerlukan banyak penyesuaian, hal
tesebut berbeda dengan produk konsumen.
PENGARUH KEKUATAN LINGKUNGAN
LUAR NEGERI TERHADAP STRATEGI PRODUK
Kekuatan sosial budaya
Adanya perbedaan sosial budaya yang sangat
mencolok mengharuskan perubahan-perubahan produk makanan barang konsumsi lain
(Mc donald mengubah burgernya dengan daging ayam ketika memasarkan produknya ke
india).
Kekuatan hukum
Kekuatan hukum menjadi sesuatau yang sangat
penting dalam medisain produk suoaya persuashaan dapat memasarkan produknya
dinegara tersebut (peraturan tentang polusi ,perlindungan konsumen)
Kekuatan ekonomi
Adanya pebedaan pendapat antara negara-negara di
dunia menyebabkan perusahaan harus menyesuaiakan produknya dengan daya beli
yang akan dituju.
Kekuatan fisik
Kekuatan fisik berupa iklim, kondisi alam, suhu
udara dll, angat perhataikan oleh manajer produksi.
Strategi promosi
Terdapat enam sstrategi berbeda yang dapat
dipilih perusahaan yaitu:
• Produk sama-pesan sama
• Produk sama-pesan beda
• Adaptasi produk-pesan
sama
• Adaptasi produk-adaptasi
pesan
• Produk berbeda-pesan sama
• Produk berbeda untuk
pemaikaian yang sama -pesan berbeda
STRATEGI
PENETAPAN HARGA
Suatu barang bisa jadi
dipasarkan dengan harga tinggi di suatu neraga tertentu dan dipasarkan dengan
harga yang relative rendah di negara lain. Faktor-faktor yang mempengaruhi
penentuan harga:
• Perbedaan biaya yang haris
dikeluarkan perusahaan di negara sasaran.
• Konsisi persaingan
• Produk yang dipasarkan
tersebut berbeda dalam tahapan daur hidup yang mana
• Para Pemerintah setempat
dalam pengendalian harga
STRATEGI
DISTRIBUSI
Keputusan
perusahaan adalah akan memasarkan secara langsung atau tidak langsung . ada
beberapa faktor yang mempengaruhi strategi distribusi yaitu :
• Karakteristik pasar
• Karakteristik produk
• Karakteristik perusahaan
• Karakteristik perantara
• Persayaratan hukum
Komentar
Posting Komentar